Membangun Brand Image Melalui Identitas

Apa itu brand image? Mengapa dia sangat penting?  Brand image adalah pandangan publik pada sebuah brand. Dia sangat penting bagi sebuah brand karena dapat menentukan keberhasilan dari brand tersebut. Setiap perusahaan dagang akan mendapat pembeli yang lebih banyak apabila masyarakat memberikan nilai psitif pada brand serta produknya.

Perusahaan jasa pun akan semakin banyak dibutuhkan apabila masyarakat menyukainya. Brand image yang baik dan mengakar pada kehidupan masyarakat, bahkan mampu membawa brand tersebut selamat dari persaingan.

Bukan hal mudah dalam membangun brand image. Pandangan serta kepercayaan masyarakat yang tulus tidak dapat dibeli dengan hadiah-hadiah saat pembelian. Apalagi mengingat banyaknya pesaing-pesaing yang bisa saja dianggap lebih segar dan lebih baik. Brand image lah yang akan membuat sebuah brand tetap bertahan menjadi brand yang lebih dipercaya.

Brand image timbul dari setiap perilaku brand. Baik buruk perilaku sebuah brand akan berpengaruh pula pada brand image. Dan tentu saja ia harus dibangun untuk mendapatkan perhatian serta kepercayaan dari masyarakat. Bagaimana caranya? Hal yang pertama adalah melalui identitas brand tersebut. Melalui pengenalan identitas, sebuah brand akan mengumumkan keberadaanya. Bahwa brand tersebut ada dan layak untuk diperhitungkan.

Mengenalkan brand dapat dilakukan melalui tiga cara, yakni secara visual, komunikasi dan perilaku. Cara visual ditempatkan pada urutan yang pertama karena ia akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh masyarakat. Ini dapat dilakukan dengan cara membuat logo, packaging, atau hal berbentuk fisik lain seperti kendaraan, bangunan perusahaan, atau bahkan seragam karyawan. Tapi anda harus ingat, kemasan yang menarik, bangunan perusahaan megah, atau bangunan mewah akan sia-sia tanpa sebuah logo. Ada banyak produk dengan kemasan yang kreatif, bangunan-bangunan perusahaan yang bahkan tinggi mencakar langit, tetapi logo lah yang akan menbuat nya berbeda. ia seperti simbol kepemilikan serta cara benda-benda fisik tersebut berbicara siapa dirinya.

Ketika ingin membeli sebuah produk minuman botol yang berjajar di etalase sebuah toko dengan brand yang berbeda-beda, kemasan akan berbicara dan memanggil calon konsumen untuk membeli. Tetapi logo yang kan membuatnya mengingat minuman apa yang dia minum. Meskipun demikian, setiap upaya pengenalan brand secara visual ini penting adanya. Ia akan dapat menentukan brand image. Bangunan perusahaan akan membuat masyarakat tahu bahwa brand tersebut benar-benar ada.

Cara mengenalkan brand yang kedua adalah melalui komunikasi. komunikasi ini tidak harus secara langsung antara produsen dengan pembeli. Saat ini komunikasi melalui internet sedang digemari dan bahkan menjadi sarana komunikasi yang lebih mudah dan murah. Meskipun demikian, komunikasi melalui media lain juga tetap digunakan. Seperti halnya iklan pada sela-sela tayangan televisi populer atau juga melalui radio.

Kemudian yang ketiga dan sangat penting adalah melalui perilaku brand. Memastikan bahwa masyarakat mengetahui nilai-nilai perusahaan anda dan tentu memastikan brand dan setiap orang yang berada di bawah bendera brand tersebut untuk menjalankan nilai-nilai brand tersebut adalah suatu keharusan. Masyarakat akan selalu menilai bagaimana brand anda memuaskan keinginan serta kebutuhan mereka. Kepercayaan yang telah dibangun dan dijaga selama bertahun-tahun dapat hilang hanya dengan satu pembatalan janji saja. Masyarakat tidak dapat dibeli, baik di katakan baik, buruk dikatakan buruk. Penilaian mereka terhadap brand anda akan terus berjalan dan ini lah yang akan memperngaruhi brand image. Maka brand image dapat dibangun dengan cara membangun identitas brand terlebih dahulu

us.